Selasa, 30 Maret 2010

Bumi Perkemahan Bedengan

Masih alami, itulah Bumi Perkemahan Bedengan yang berada di Dusun Selokerto, Selorejo, Kecamatan Dau, Malang. Bumi perkemahan ini sendiri belum banyak dikenal warga Malang. Karena lokasinya sendiri berada di sebelah barat kota Malang, tepatnya 25 kilometer dari pusat kota. Untuk menuju ke lokasi kurang lebih membutuhkan waktu 30 menit. Setelah sampai di Desa Selorejo, jalan menuju bumi perkemahan masih berjarak 2 kilometer. Itupun jalannya setapak dan bebatuan, karena itu hanya sepeda motor yang bias menuju ke lokasi. Meski begitu jalan tersebut tidak terlalu berbahaya. Karena hanya jalan datar. Semakin dekat ke tempat lokasi, pandangan pasti tertuju kepada kebun jeruk yang membentang pada sisi kanan dan kiri jalan. Puluhan hektar kebun jeruk milik warga desa cukup menggoda sepanjang jalan setapak menuju lokasi. Menariknya lagi kebun jeruk ini bisa kita nikmati buahnya dengan hanya cukup membayar Rp. 10.000, anda bisa mendapatkan empat buah jenis jeruk apapun untuk dimakan di tempat. Sedang jika ingin membawa pulang hanya boleh membawa empat buah jeruk. Buahnya segar dan besar-besar terdiri atas jeruk baby java, baby pacitan, baby Valencia dan baby keprok. Jika ingin membawa pulang dalam jumlah besar kita bisa membelinya di luar kebun seharga Rp. 3000 sampai Rp. 5000 per kilo tergantung jenis jeruknya.

Setelah berada di bumi perkemahan yang luasnya kurang lebih enam hektar, kita pasti terkagum-kagum dengan keindahan dan kenyamanan lokasi. Karena tempatnya cukup alami dan bersih. Rerimbunan pohon pinus semakin membuat betah berada di bumi perkemahan ini.
Pohon pinus tersebut tertata rapi dan jarak tanamnya pun diatur. Sehingga inilah yang membedakan dengan bumi perkemahan lainnya yang berada di daerah Malang Selatan. Untuk mendirikan tendapun tidak menemuhi kesulitan, karena bisa memanfaatkan sela-sela pohon pinus yang lebat.
Di bumi perkemahan ini ada sungai-sungai kecil mengalir membelah hutan pinus. Sehingga gemericik airpun menambah suasana santai. Wajarlah bumi perkemahan ini terlihat rapi dan bersih karena dikelola Lembaga Kemitraan Desa Pengelola Hutan (LKDPH) Desa Selorejo. “ Bumi perkemahan ini adalah pemasukan desa kami. Sehingga masyarakat di sini benar-benar merawat tempat ini,” kata Waliadi, ketua LKDPH Selorejo.
Untuk menikmati segarnya udara dan indahnya pemandangan di bumi perkemahan ini sendiri tidak begitu mahal. Karena tiket masuknya hanya dipatok Rp. 2000 per malam. Tentunya inilah yang menjadi bumi perkemahan ini sangat terjangkau bagi masyarakat yang ingin refreshing. “ Tempat ini biasanya ramai pada Sabtu dan Minggu. Rata-rata yang berkemah disini adalah pelajar dan mahasiswa,” terangnya.
Meskipun tarifnya cukup terjangkau, keamanan di bumi perkemahan ini sangat terjamin. Ada empat orang penjaga yang selau mengamankan lokasi. Empat orang inipun dibagi di empat titik. Dan, semuanyamenggunakan alat komunikasi handy talky (HT). Sehingga pengunjung perkemahan tidak perlu khawatir dengan ulah tangan jahil. Belum lagi fasilitas kamar mandi umum yang cukup bersih. Sehingga kalau bermalam, dijamin tidak kebingungan untuk mandi maupun buang air kecil.

1 komentar:

dark man mengatakan...

bisa minta contact personnya ?

Posting Komentar