Senin, 29 Maret 2010

Kebun Teh Agro Wonosari

Bila kita berkunjung ke Wisata Agro Wonosari di Lawang Kabupaten Malang, kita dapat menyaksikan hamparan pohon teh berlatar belakang pegunungan yang menghijau, sejuk dipandang mata dan melegakan pernafasan karena tersedianya oksigen di alam terbuka. Karena terletak di lereng gunung Arjuna, nun jauh disana pada waktu pagi hari kita dapat melihat keindahan alam pegunungan dengan panorama kota Lawang dan Singosari. Wisata Agro Wonosari ini telah dikenal oleh masyarakat di Kabupaten Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang dan Surabaya. Pada setiap akhir pekan cukup banyak pengunjung yang datang. Bayangkan saja kenikmatan yang Anda temukan di tengah-tengah hamparan kebun teh nan hijau. Tidak hanya itu, jika sedang musim panen, Anda bisa ikut memetik teh bersama para petani teh, menjadi sebuah pengalaman yang sangat menyenangkan.
Di Wisata Agro Wonosari juga tersedia kolam renang dengan air yang hangat agar pengunjung tidak merasa dingin bila berenang, dengan lingkungan yang tenang dan asri. Bila tidak ingin berenang, anda dapat berjalan-jalan dengan menyaksikan kebun binatang mini (minizoo), taman bunga, play ground, green house bunga anggrek, atau membeli tanaman hias di kios bunga di depan Koperasi swalayan Wonosari. Untuk putra-putri anda tersedia kereta kelinci yang akan membawa pengunjung mengelilingi areal kebun teh di sekitar Wisata Agro Wonosari dengan tarif Rp. 8.000,- per orang

Bagi anda yang hobi olah raga, juga tersedia lapangan tennis 2 band, lapangan sepak bola, lapangan volley serta jogging track di lingkungan kebun teh.Juga tersedia ruang pertemuan (meeting room) yang dapat dipergunakan untuk rapat atau pertemuan keluarga, dengan harga sewa corporate rate dan published rate. Selain itu pengunjung bisa menikmati minuman teh produksi kebun Wonosari di Tea corner, (di dalam Restaurant) dimana minuman teh disajikan dengan berbagai dengan citarasa yang menyegarkan.

Sedangkan untuk penginapan atau tempat bermalam juga tersedia. Pada saat ini jumlah kamar yang tersedia 67 buah, terdiri dari beberapa villa dan beberapa kamar penginapan. Dan seringkali penuh pada akhir pekan atau hari libur umum dan keagamaan. Pada hari kerja (week days) jumlah pengunjung tidak seramai akhir pekan (week end), sehingga sangat cocok bagi para wiraswasta atau siapa saja yang menghendaki suasana tenang untuk menggali inspirasi dan kreativitas. Suasana yang tenang dan sejuk ini juga cocok bagi para mahasiswa yang ingin belajar.

Sejak hari Jum'at Tgl.29 Pebruari 2008 di Wisata Agro Wonosari telah tersedia jaringan internet nirkabel (WiFi), Hot Spot Area tersebar di kawasan : Aula Java Cocoa, Restauran, Lapangan Tenis, Playground, Wisma Camelia, Wisma Coffee, Aula Santoon, Area Parkir,Lapangan Bola dan sekitar Pabrik. Fasilitas ini untuk kemudahan wisatawan dalam melakukan akses internet sambil berwisata. Salah satu upaya meningkatkan okupansi kunjungan tamu pada WeekDay melalui kegiatan/acara : Outbond, Paket Meeting, Tour Kebun & Tour Pabrik. Selama masa promosi ini fasilitas free akses internet diharapkan mampu menunjang kebutuhan wisatawan. Untuk lebih lanjut menghubungi : User Official kami di Kantor Kebun / Wisata Agro. Untuk menikmati panorama hamparan kebun teh sekaligus mencoba ketangkasan dan berwisata. Saat ini di Wonosari wisatawan bisa mencoba motor ATV dengan kisaran tarip Rp.10.000,- sd Rp.20.000,-.
Lokasi Wisata kebun teh Agro Wonosari terletak di lereng gunung Arjuna, sekitar 6 kilometer dari Lawang, Kabupaten Malang, atau 30 km utara kota Malang (perjalanan ditempuh sekitar 45 menit) dan 80 kilometer dari Surabaya (perjalanan sekitar 2 jam). Perkebunan teh yang dibangun oleh PT Perkebunan Nusantara XII (Persero) ini terletak pada ketinggian antara 950-1250 meter dari permukaan laut dengan temperatur berkisar antara 19 – 26 Celcius. Perkebunan Wonosari ini memang telah dipersiapkan menjadi obyek wisata agro/perkebunan dengan kekhasan perkebunan teh yang menjadi pemandangan indah yang menyejukkan. Selain itu perkebunan ini juga telah diperlengkapi dengan berbagai fasilitas untuk rekreasi, menginap atau berolah raga.

Kebun teh Wonosari ini, memiliki sejarah rumit dan panjang. Diawal berdirinya pada tahun 1875, kebun ini dikelola oleh perusahaan asing asal Belanda NV. Cultur Maatschappy, kemudian awal tahun 1910 hingga 1942, kebun ini ditanami Teh dan Kina. Namun, pada jaman Jepang tahun 1942-1945, sebagian tanaman teh diganti menjadi tanaman pangan, seperti ubi, singkong, dan sejenisnya.

Pada tahun 1945, masa kemerdekaan bangsa Indonesia. Kebun ini diambil alih oleh negara dengan nama pusat perkebunan negara (PPN), dan tahun 1950 tanaman Kina diganti lagi oleh tanaman teh. Dua tahun kemudian, memasuki tahun 1957 kebun teh wonosari ini tercatat dalam PPN Kesatuan Jawa Timur, hingga tahun 1963 berganti dibawah naungan PPN Aneka Tanaman. Berlanjut pada tahun 1968, kebun ini masuk dalam daftar PNP XXIII dan di tahun 1972 kebun dengan luas buudidaya tanaman pokok teh 628,86 Ha ini masuk PT.Perkebunan XXIII (Persero). Berlanjut lag,i pada tahun 1995 masuk PTP Group Jawa Timur dan tahun 1996 masuk dalam PTP Nusantara XII, serta pada tahun 1994 kebun teh Wonosari ini dikembangkan sebagai Wisata Agro, sebagai diverifikasi pengelolahan Kebun Teh hingga saat ini.

Selain perkebunan teh, daya tarik lain wisiata agro wonosari adalah pengelolaan pabrik teh yang bahan bakunya langsung diambil dari perkebunan teh wonosari. Lokasinya terletak di dalam wisata agro wonosari. Produk tersebut bernama Teh Rolas. Pengunjung tidak hanya sekedar menikmati seduhan teh itu, melainkan juga bisa melakukan kunjungan pabrik, melihat proses pembuatan teh, mulai dari pemetikan pucuk daun teh hingga fermentasi.
Fasilitas Rekreasi dan Olah Raga:
  • Taman bermain
  • Kolam renang
  • Kereta nubu & dermulen
  • Kebun binatang mini
  • Lahan perkemahan
  • Hiburan-musik electone
  • Kesenian daerah
  • "Rolas" restoran
  • Swalayan
  • Wartel
  • Rumah bunga
  • Aula "Santoon & Java Cocoa"
  • Tea Walk route
  • Kunjungan ke kebun
  • Kunjungan ke pabrik
  • Jalur sepeda sehat
  • Lapangan bola
  • Lapangan volley
  • Lapangan tennis
Alamat Reservasi
telp. 0341-426032 / 0341-245123
fax. 0341-425123
telex 36445 ptp xxiv sb
mail ptpn12@rad.net, wonosari@telkom.net

2 komentar:

Alam syah mengatakan...

mantapp.
ijin share, copy ya.
thankss

lambok gultom mengatakan...

Tempat yang nyaman and cozy....
mampir ke tempat ane jg ya gan, sklian mohon bantuannya, cz i'm biginer. http://cozynation.blogspot.com/

Posting Komentar